Laprak 4, 8 Bit Full Adder
0 Stars     101 Views    

Author: Sugianto saputra

Forked from: Chairuddin Antula/Laprak 4, 8 Bit Full Adder

Project access type: Public

Description:

Full Adder merupakan rangkaian elektronika yang menjumlahkan 2 bilangan yang telah dikonversikan kedalam bilangan biner dengan menjumlahkan 2 bit input ditambah dengan nilai carry out dari penjumlahan bit sebelumnya. Outputnya adalah hasil dari penjumlahan (sum) dan bit kelebihannya. Namun pada rangkaian ini memiliki 16 bit input, 8 bit adalah bilangan biner pertama dan 8 bit kedua adalah bilangan biner yang siap dijumlahkan dan outputnya adalah hasil dari penjumlahan tersebut.

Penjelasan :

Rangkaian ini memiliki 5 circuit element yaitu Input, Output, XOR Gate, And Gate dan Or Gate. Berikut penjelasan dari fungsi kelima circuit element tersebut.

  • Input

Ada 17 input pada rangkaian ini. Input A0-A7 berfungsi untuk menaruh angka biner 8 bit yang akan dijumlahkan dengan input B0-B7 sesuai inputannya. C input adalah peminjaman angka sebelum A0.

  • Output

8 Output yaitu S0 hingga S7 adalah hasil dari penjumlahan dari input A dan B serta C input bila ada peminjaman angka. C out adalah angka yang lebih dari S7 atau disebut juga peminjaman keluar.

  • XOR, And, Or Gate

Ketiga gerbang logika ini adalah inti dari rangkaian full adder. Pada gambar di atas memiliki 8 rangkaian full adder yang inputnya A dan B, dan outputnya S dan C out.

Created: Dec 19, 2022

Updated: Aug 27, 2023


Comments

You must login before you can post a comment.