Laprak 3, 4 Bit Synchronous Decade Up/Down Counter
1 Stars     19 Views    

Author: Chairuddin Antula

Forked from: ZulNs/Synchronous Decade Up/Down Counter

Project access type: Public

Description:

4-Bit Synchronous Decade Up/Down Counter memiliki output yang hampir sama dengan Synchronous Up/Down Counter pada laporan praktikum sebelumnya. Namun rangkaian didalamnya yang menjadi pembeda adalah rangkaian untuk mengcounting, dimana counting pada rangkaian ini maksimalnya adalah 9 lalu kembali ke 0, sebaliknya bila dicounting down 0, kemudian 9. Rangkaian ini memiliki 1 subcircuit sebagai inti dari rangkaian synchronous decade counter.

Penjelasan :

Rangkaian ini memiliki 2 circuit element dan 1 subcircuit yaitu Input, Digital LED dan subcircuit Decade Counter. Berikut penjelasan dari fungsi kedua circuit element dan subcircuit decade counter tersebut.

  • Input

Rangkaian ini memiliki 4 input yakni sebagai opsi up/down, clock, enable serta reset. fungsinya enable untuk mengaktifkan FF dalam decade counter agar siap untuk dicounting dan clock berfungsi untuk melakukan counting up atau down sesuai opsi yang diinginkan dari input up/down. Sedangkan reset mempunyai fungsi pada umumnya yaitu untuk mereset kembali FF yang ada dalam decade counter kembali pada logika 0.

  • Digital LED

LED berfungsi sebagai tanda dari output counting up/down dari rangkaian decade counter yang dimana keempat output ini merupakan 4 Binary Digit (bit). 1 LED lainnya yaitu max/min sebagai tanda bila dalam keadaan counting up di angka 9 ia akan menyala, sebaliknya pada keadaan counting down di angka 0 ia akan menyala.

  • Subcircuit Decade Counter

Subcircuit ini adalah inti dari rangkaian Synchronous Decade Up/Down Counter yang berfungsi sebagai otak dari counting up/down. Beda dengan synchronous counter yang mengcounting 4 bit hingga  angka 15. Namun, decade counter hanya mengcounting 4 bit hingga angka 9 yang dimana decade counter ini sangat berguna untuk perhitungan yang hingga ratusan, ribuan dan lain sebagainya.

Created: Nov 21, 2022

Updated: Aug 27, 2023


Comments

You must login before you can post a comment.