Laprak 2, 4-Bit Synchronous Up/Down Counter
2 Stars     110 Views    

Author: Chairuddin Antula

Project access type: Public

Description:

Up/Down Counter adalah pengembangan dari synchronous counter yang menggabungkan fungsi up counter dan down counter dalam satu rangkaian dengan suatu control untuk menentukan proses counting yang dilakukan. Dengan rangkaian up/down counter ini proses counting dalam suatu perjalanan counting dapat diubah secara langsung dari posisi data output terakhir akan dilakukan proses count up atau count down. Untuk membangun suatu Up/Down Counter diperlukan synchronous counter dan ditambah rangkaian  kontrol Up atau Down proses yang akan dilakukan. Pada praktikum ini penulis membuat rangkaian dari 4-Bit Synchronous Up/Down Counter.

Penjelasan :

Rangkaian ini memiliki 6 circuit element yaitu Input, Not Gate, And Gate, Or Gate, JK Flip-Flop, Ground dan Digital LED. Berikut penjelasan dari fungsi keempat circuit tersebut.

  • Input

Pada rangkaian ini memiliki 4 input yang memiliki fungsi masing-masing diantaranya, clock untuk melakukan counting, enable untuk mengaktifkan keempat JK FF dan hanya memberi input 1 pada input J dan K pada FF0, reset untuk mengembalikan keempat JK FF pada logika 0 dan up/down untuk memilih counting up atau counting down.

  • Not Gate

Not Gate berfungsi untuk membantu memilih proses up atau down counter yang terhubung pada dua rangkaian counter yakni up counter dan down counter.

  • And Gate

And Gate pada rangkaian ini merupakan inti dari rangkaian counter yang digabungkan Or Gate sehingga menjadi rangkaian counter.

  • Or Gate

Or Gate pada rangkaian ini merupakan inti dari rangkaian counter yang digabungkan And Gate sehingga menjadi rangkaian counter.

  • JK Flip-Flop

JK Flip-Flop berfungsi untuk mengcounting sebanyak 4 bit up ataupun down tergantung pada input up/down yang dimana bila input tersebut berlogika 0 maka flip-flop ini akan mengcounting up, sebaliknya bila berlogika 1 ia akan mengcounting down.

  • Ground

Ground ini berfungsi untuk memberi logika 0 pada preset keempat JK Flip-Flop.

  • Digital LED

Ada 4 Digital LED yang masing-masing terhubung pada masing-masing output Q pada JK Flip-Flop sebagai penanda dari counting 4 bit.


Created: Nov 11, 2022

Updated: Aug 27, 2023


Comments

You must login before you can post a comment.