Laprak 1, Bel Cerdas Cermat
1 Stars     79 Views    

Author: Chairuddin Antula

Project access type: Public

Description:

Rangkaian Bel Cerdas Cermat adalah rangkaian yang sering digunakan dalam lomba cerdas cermat guna untuk menghindari kecurangan dari instruksi masing-masing Tim atau Peserta yang mengikuti lomba tersebut. Sehingga rangkaian ini berfungsi untuk mendapatkan Tim atau Peserta yang menekan tombol instruksi pertama.

Penjelasan :

Rangkaian ini memiliki 4 macam circuit element yaitu Button, D'Flip-Flop, And Gate dan Digital LED. Berikut penjelasan dari fungsi keempat circuit tersebut.

  • Button

Button pada rangkaian ini sebenarnya bisa kita tambahkan lebih dari 3 sesuai Tim atau Peserta dari Lomba Cerdas Cermat tersebut. Namun, pada rangkaian ini sebagai contoh atau gambaran apabila LCC ini memiliki 3 Tim. Button ini berfungsi untuk memberi arus listrik pada rangkaian selama ditekan. Sebaliknya, bila tidak ditekan, tidak akan ada arus yang mengalir.

  • D’Flip-Flop

Cara kerja dari D’Flip-Flop dapat dilihat pada website link berikut https://elektronika-dasar.web.id/data-flip-flop-d-flip-flop/ D’Flip-Flop pada rangkaian ini berjumlah sesuai Button yang ada. D’Flip-Flop dari rangkaian ini memiliki 2 fungsi yaitu, pertama untuk menyalakan Digital LED dari D’Flip-Flop yang dialiri arus oleh Button yang pertama ditekan dari ketiga Button. Fungsi kedua yaitu untuk mengunci D’Flip-Flop lainnya agar tidak dapat dialiri arus oleh Button yang terlambat ditekan. Ketiga D'Flip-Flop  yang terhubung pada input D masing-masing FF dihubungkan oleh And Gate.

  • And Gate

And Gate akan mengalirkan arus bila kedua input berlogika 1, selain dari itu tidak ada arus yang akan keluar dari output And Gate. Fungsi dari And Gate pada rangkaian ini untuk menghubungkan arus yang keluar dari Q Aksen dari masing-masing FF dan terhubung pada input D pada masing-masing FF guna untuk mengunci.

Created: Nov 09, 2022

Updated: Aug 27, 2023


Comments

You must login before you can post a comment.